Selasa, 15 November 2011

Juara pertama dan Favorit USB 2007 Tim ATARASHII, Kamus IT Untuk Pengguna Ponsel dan PDA

Sinopsis:
Teknologi yang dibuat oleh mahasiswa dan mahasiswi gunadarma dengan membuat kamus IT dengan terjemahan bahasa Indonesia dengan adanya aplikasi yang telah dibuat oleh mahasiswa dan mahsiswi gunadarama ini memudahkan kita untuk belajar bahasa pemrograman dalam komputer. Dan aplikasi ini juga dapat didownload.


Selain keluar sebagai Juara Pertama Lomba Unlimited Software Building (USB) 2007, tim ini melalui SMS yang dikirim penonton kepada panitia juga keluar sebagai juara favorit. Apa sih keistimewaan Tim Atarashii sehingga bisa memenangkan 2 kategori ini?
Pada Selasa 10 Juli lalu Universitas Gunadarma menyelenggarakan final Lomba Unlimited Software Building (USB) yang diikuti para mahasiswa dari semua jurusan di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma. Dari 18 kelompok yang ikut serta, setelah melalui proses penyaringan, akhirnya terjaring menjadi 7 kelompok yang pada saat final berhak melakukan presentasi untuk memperebutkan gelar juara. Dewan juri yang terdiri dari Aris Muslim,Skom.,MMSI, Rudy J Suhatril, SKom, Widya Silfianti, SKom., MMSI, Ramadona Nilawati, Skom., MM dan Kemal Ade, Skom., MMSI memilih Tim Atarashii sebagai Juara Pertama. Selain itu melalui SMS yang dikirim hadirin ke panitia, tim ini juga keluar sebagai juara favorit.
Sempat minder
Bagi Tim Atarashii sendiri yang dimotori Eric Agustian dan dibantu R Anita Maulani, kemenangan yang sekaligus bisa merebut 2 kategori itu sungguh di luar dugaan mereka. “Penampilan peserta lain hebat-hebat. Sebenarnya saat presentasi, di hati saya sempat ada perasaan minder,? aku Eric. Peserta lain, jelas Eric, programnya diaplikasikan dengan PC. Berbeda dengan timnya yang aplikasinya di ponsel. “Secara data muatan data ponsel pastinya jauh lebih kecil ketimbang di PC yang bisa sebebas mungkin,? kata Eric lagi.Namun rupanya juri punya pertimbangan lain. Eric dengan dibantu Anita tampak sangat siap dengan software yang dibuatnya saat melakukan presentasi.. Tak ada keraguan apalagi grogi saat presentasi dilakukan.Aplikasi yang dibuat mereka adalah program midlet bernama Kamus IT yang ditujukan untuk para pengguna ponsel dan PDA. Program ini memiliki kemampuan untuk menerjemahkan berbagai istilah IT yang dominan dalam Bahasa Inggris dan asing lainnya ke dalam Bahasa Indonesia secara singkat dan jelas agar mudah dimengerti penggunanya.
Selain itu, program memliki tambahan kemampuan dalam mencari padanan kata atau serapan dari istilah tersebut ke dalam Bahasa Indonesia. Kata Anita, seluruh database yang digunakan untuk membuat program ini berasal dari artikel di internet. Tujuan program ini, kata Anita, sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar yang berhubungan dengan bidang IT serta sarana untuk proses sosialisasi yang kerap digunakan pada bidang IT kepada khalayak.Menurut Eric, selama ini ia melihat banyak teman-teman yang mencari padanan IT, harus mendownload dan mencetaknya. “Iseng-iseng saya berpikir kenapa tidak dibuat secara digital saja,? katanya. Apalagi selama ini kamus IT belum ada. Berbeda dengan kamus bahasa yang sudah begitu banyak dibuat meski bentuknyapun masih versi PC.Akhirnya untuk mengikuti Lomba USB 2007 ini Eric mengajukan program midlet kamus IT yang ditujukan untuk para pengguna ponsel dan PDA. Prosesnya kata Eric adalah data base dan enginenya. Ia membagi tugas dengan rekannya Anita yang sama-sama satu kelas di Jurusan Sistem Komputer Angkatan 2003. Alasan memilih Anita karena, ?Ia anak kos sehingga jarak tempat tinggalnya tak jauh. Selain itu, karena ia punya komputer jadi pulang kuliah bisa langsung bekerja,? kata Eric.Untuk database yang kerjanya membuat, menyusun, mengubah data dari artikel, ia menyerahkan pada Anita. Sedang Eric bertugas menangani urusan engine. Tugas Erick adalah bagaimana bisa memanggil database dengan mengembangkan algoritma yang sudah ada.
Bahasa Jepang
Nama Atarashii sendiri diambil dari bahasa Jepang yang artinya baru. “Saya memang suka dengan berbagai hal yang berbau Jepang termasuk animasinya,? jelas Eric. Kini programnya itu sudah banyak didownload oleh rekan-rekan sekampusnya. “Gratis saja kok. Hampir semua merek telepon bisa, selama punya memori minimal 1MB,? katanya. Sebelumnya, kata Eric, ia membuka websitewww.atarashii.triplejo.com utuk mereka yang ingin daftar. Eric yang merupakan alumni SMKN 2 Bogor Jurusan Elektro ini memang sudah lama tertarik dengan dunia informatika. Lulus dari SMA, ia pun dihadapkan pada pilihan. bekerja atau kuliah. “Kebetulan memang ada tawaran kerja,? katanya. Selain itu, ia juga mendapat kesempatan masuk SPMB ke Poltek UI. “Namun ternyata saya terlambat menyerahkan berkas formulir,? katanya. Urung masuk UI, tidak membuatnya kecewa. Ia pun memilih untuk kuliah di kampus Gunadarma. “Apalagi ada jurusan Komputer yang memang saya inginkan,? katanya.Di kampus ini, kata Eric, kesukaannya dalam mengotak atik komputer termasuk programnya, semakih menguat. “Saya suka dengan web desain dan iseng- iseng suka bikin website untuk versi ponsel dan komputer,? katanya. Tak banyak berbeda dengan Anita, yang merupakan alumni SMUN 1 Ciputat yang baru pertama kali ikut dalam lomba. “Saya suka IT, baik hardware maupun softwarenya,? jelas Anita.Ia tak menyangka bisa menang dalam lomba bergengsi ini apalagi terpilih sebagai Juara Favorit juga. “Teman-teman sekelas justru nggak pada datang. Tapi syukurlah, ternyata banyak SMS yang memilih kami,? katanya tentang terpilihnya tim mereka sebagai Juara Favorit selain sebagai juara pertama.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More