Senin, 12 Maret 2012

WEB SCIENCE

Saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai Web Science, Web Science sendiri mulai berdiri dari sebuah kesepakatan antara MIT dan University of Southampton untuk merumuskan dari teknis aspek-aspek sosial dari World Wide Web. Pernyataan ini pertama kalinya diumumkan di MIT pada tanggal 2 November 2006 sebagai Web Science Research Initiative (WSRI),kemudian namanya diubah kembali pada tahun 2009 menjadi Wen Scienc Trust organisasi yang diketuai oleh Tim Berners-lee ini bertujuan untuk mencari dukungan lebih banyak, lagi dari pihak pemerintah dan swasta untuk bekerjasama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat.
Menurut saya web science adalah sebuah disiplin ilmu pengetahuan berbasis web yang fokus pada pengembangan kebutuhan komunikasi dan representasi. Web science sendiri terdiri dari berbagai cabang disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengkoordinasi meningkatkan lebih lagi pembelajaran tentang web (World Wide Web). Jadi sangat diperlukan karena perkembangan web yang semakin berkembang dengan pesat,oleh karena itu dapat digunakan sebagai sarana untuk mengubah masyarakat kearah yang lebih baik dan efisiien sehingga kita semua dapat merasakan manfaat dari web secara positif. Oleh karena itu wen science ini bertujuan supaya fungsi dan manfaat web dapat tepat sasaran dan tepat dikalangan pada umumnya.
Dengan adanya web science masyarakat pada umunya dapat mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dengan lebih mudah dan cepat selain itu juga lebih efisien dan nyaman. Web science ini lebih menekankan dalam proses penyajian data yang berhubungan dengan penyajian internet sehingga adanya web science kita semua dapat mengambil sisi positif dan manfaatnya yang dapat kita peroleh dari berbagai perkembangan teknologi yang ada dan dapat dikembangkan kembali dengan sebaik-baiknya.
Proses dari Web Science itu sendiri terdapat beberapa tahapan seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim Berners-Lee,berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul dikalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sosial,ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya setelah itu ide terealisasi tentunya teknologi tersebut akan menimbulkan dampak atau efek mikro dan makro yang ada pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya Tim Berners-Lee memberikan beberapa contohnya dengan proses terciptanya blog dan email.

Misalnya pada proses terciptanya sebuah email berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih lagi dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia memiliki masalah dengan ajrak dan waktu untuk berkomunikasi maka muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet,setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada trciptalah email yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan timbulnya masalah baru. Ini salah satu contoh yang dijelaskan oleh Tim Berners-Lee dan masih banyak lagi yang dapat dijelaskan seperti blog dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More